Selasa, 01 Juli 2008

Hindari memutar gas skuitik secara spontan

Borosnya skutik boleh jadi karena si empunya masih kurang memahami karakter skutik matic itu sendiri. Skutik matic menggunakan karburator vakum untuk mengalirkan campuran bahan bakar ke ruang bakar. Pemakaian karburator vakum membuat pengendara tidak diperkenankan lagi memutar handel gas secara mendadak atau spontan layaknya motor yang memakai karburator konvesional.

penggunaan karburator vakum pada skutik untukmeminimalkan risiko saat hendak berakselerasi. Apabila dipasang karbuartor konvesional otomatis entakan lebih terasa sehingga motor bisa meloncat dan berpeluang merusak CVT (Continuosly Variable Transmission). CVT sebagai penggerak roda memakai karet sebagai bahannya, maka kekuatan dan ketahan tidak seperti rantai motor bebek atau sport.

Apalagi karburator vakum dan konvesional memiliki perbedaan sistem kerja pada bagian skepnya. Skep karburator dihubungkan langsung dengan kabel gas. jadi, naik-turun skep akibat tarikan dan pantulan per skep.

Sedangkan karburator vakum mengandalkan perbedaaan tekanan udara yang diatur skep kupu-kupu. Semakin tinggi putaran mesin, kevakuman ruang tekan alias membran vakum juga semakin menarik skep. Makanya pemakaian karburator vakum sebenarnya membuat konsumsi bahan bakar lebih irit karena proses pembakaran lebih sempurna.

Hanya saja, membran valum tidak dirancang untuk mendapatkan tekanan secara mendadak. jadi, memutar handel gas secara spontan malah membuat membran vakum menahan gerakan skep. Akibatnya, campuran udara berkurang alias bensin berlebihan.

Lagipula sistem penggerak CVT mengaplikasi gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal sendiri juga mempunyai proses secara perlahan, tidak bisa langsung menghasilkan gaya besar.

Nah, karena itu skutik ber-CVT dan berkarburator vakum tidak dapat berakselerasi secara spontan. Pengendara pun merasa laju skutik lambat dan semakin menjadi-jadi memutar handel gas. bensin tidak terbakar sempurna karena jumlahnya berlebihan sehingga membuat skuitk terkesan boros bahan bakar.

jadi sebaiknya memutar handel gas skutik itu secara perlahan-lahan mengikuti akselerasinya.

Tidak ada komentar: